Artikel
Sabtu, 29 September 2012 20:03

Hidup Dengan Myasthenia Gravis

Written by Eko Walid

slide presentasiBerikut tips untuk pengidap Myasthenia Gravis dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang disampaikan oleh dr. Ahmad Yanuar Safri, SpS pada seminar di Prodia Jakarta Pusat tanggal 8 September 2012 :

Presentasi dr Yanuar - Hidup dengan myasthenia gravis.ppt

Sabtu, 15 September 2012 17:25

Cara mendapatkan Kartu ASKES

Written by Eko Walid

KARTU ASKESBagaimana cara mendapatkan Kartu ASKES (Asuransi Kesehatan) ?

Mengisi Formulir Pendaftaran Peserta (Data Induk Daftar Isian Registrasi Peserta) dengan menunjukkan persyaratan :

  • Asli / fotocopy Surat Keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil / Pensiunan / Petikan Gelar Kehormatan Veteran /  Perintis Kemerdekaan / Pegawai Tidak Tetap.
  • Fotocopy Daftar Gaji terakhir yang dilegalisir bagi  PNS dan  Surat Tanda Bukti Penerima Pensiun (STBPP) bagi Penerima Pensiun.
  • Fotocopy Surat Nikah, Akte Kelahiran Anak/Keterangan Lahir, Surat Keputusan Pengadilan Negeri untuk Anak Angkat.
  • Surat Keterangan dari Sekolah/ Perguruan Tinggi (bagi anak berusia lebih dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun).
  • Asli / fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Surat Pernyataan/Keterangan Melaksanakan Tugas perorangan (SPMT)  bagi Pegawai Tidak Tetap (PTT).
  • Melampirkan pasfoto terbaru masing-masing 1 (satu) lembar ukuran 3 x 4 cm, kecuali bagi anak usia balita.

Informasi mengenai ASKES dapat dilihat di website PT. ASKES - http://www.ptaskes.com

Sabtu, 15 September 2012 16:30

Bertahan dengan MG - Sebuah testimoni dari Pak Ambar

Written by Eko Walid

Pak AmbarDitulis berdasarkan pengalaman pribadi dari seorang MGers (Pengidap Myasthenia Gravis) yang bernama Ambar Perwito Bronto. Semoga semangat dari Pak Ambar bisa memotivasi kita semua untuk bisa tegar dan kuat dalam menjalani kehidupan berdampingan dengan Myasthenia Gravis.

Silahkan download filenya di link berikut ini:

Bertahan pada MG-Testimoni Pak Ambar.pps

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi :

slide presentasiJika teman-teman ingin mengetahui tentang materi presentasi dari dr. Ahmad Yanuar, Sp.S (Departemen Neurologi RSCM) dan dr. Natalia Widiasih Raharjanti, SpKJ (Departemen Psikiatri FKUI-RSCM) yang dipaparkan pada acara Launching dan Seminar Yayasan Myasthenia Gravis Indonesia pada 15 April 2012, teman-teman bisa mendownload filenya di link berikut ini:

Presentasi dr. Yanuar - Mengenal Myasthenia Gravis.ppt

Presentasi dr. Natalia - Pengaruh kondisi psikologis pada kondisi medis Umum.ppt

Sabtu, 15 September 2012 16:16

Tipe Thymoma

Written by Eko Walid

Thymoma

Thymoma adalah tumor epithel thymus di mana komponen epitel tidak menunjukkan overt atypia dan mempertahankan fitur histologis khusus ke thymus normal (Rosai J). Sel immatur non-neoplastik limfosit yang hadir dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada jenis histologisthymoma. Jenis histologis beberapa thymoma adalah sebagai berikut :

 

Thymoma tipe A

(juga dikenal sebagai thymoma sel spindle dan thymoma medullary) menyumbang sekitar 4% hingga 7% dari keseluruhan thymoma (Okumura M, Ohta M, Tateyama H, et al) & (Chen G, Marx A, Wen-Hu C, et al). Sekitar 17% dari jenis ini dapat dihubungkan dengan Myasthenia Gravis (Okumura M, Ohta M, Tateyama H, et al). Secara morfologi, tumor terdiri dari sel-sel epitel neoplastik thymus yang memiliki bentuk spindal/oval, kurangnya nuklir atypia dan disertai oleh sedikit limfosit non-neoplastic (jika ada) (Rosai J). Penampilan tumor ini sering membingungkan karena ianya hampir sama dengan mesenchymal neoplasma, tetapi immunohistochemical and ultrastructural dengan jelas menunjukkan ia satu neoplasma epitel. Sebagian besar thymoma tipe A encapsulated. Walaupun bagaimanapun beberapa dapat menyerang kapsul tetapi jarang sekali dapat menyebar ke paru-paru. Kelainan kromosom apabila ada, mungkin berkorelasi dengan kursus klinis agresif (Penzel R, Hoegel J, Schmitz W, et al).

Kamis, 07 Juni 2012 14:51

Ikutan Tunsa, Peduli MGers

Written by Eko Walid

Adakah yang mengenal lambang ini?

Yayasan Myasthenia Gravis Indonesia

Aku jujur belum kenal, malah baru tahu saat berkunjung ke rumahnya Tunsa. Kalau tentang Myasthenia Gravis dulu aku pernah belajar. Hanya belum pernah dengar ada Komunitas MGers, apalagi lambang begituannya, sama sekali tak kenal. Ini aku selaku yang mengaku orang kesehatan lho ya, bagaimana dengan khalayak yang diluar kami, pasti jarang banget yang tahu, boro-boro mau peduli. Maka makin salut aku pada tulisan bermutu seorang blogger yang bercerita Tentang Myasthenia Gravis * siapakah dia? Aku sudah kenal dengannya *bangga dong ...

Kamis, 07 Juni 2012 14:42

Tentang Myasthenia Gravis

Written by Eko Walid

Definisi Myasthenia Gravis (MG)

Myasthenia Gravis (MG) adalah suatu kelainan autoimun (anti-body) dimana antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan zat asing lain tapi malah menyerang otot tubuh itu sendiri. Myasthenia Gravis (MG) hampir mirip dengan Lupus, sama-sama kelainan imun, hanya saja bagian yang diserang dan gejalanya berbeda.

Myasthenia Gravis dapat menyerang otot apa saja, tapi yang paling umum terserang adalah otot yang mengontrol gerakan mata, kelopak mata, mengunyah, menelan, batuk dan ekspresi wajah. Bahu, pinggul, leher, otot yg mengontrol gerakan badan serta otot yang membantu pernafasan juga dapat terserang.

Penderita Myasthenia Gravis biasanya tidak sama antara satu orang dengan orang lain. Berdasarkan data, penyakit ini tergolong masih langka sebab masih kurangnya pengetahuan tentang gejala-gejala penyakit tersebut. Oiya, Myasthenia Gravis lebih sering terjadi pada perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa terdiagnosa. Namun presentasenya lebih besar wanita.

Saya sendiri lebih suka menganggap penderita Myasthenia Gravis bukan sebagai orang yang sakit, tapi orang yang mempunyai kelainan.

Senin, 14 May 2012 21:16

Menjaga Mahakarya

Written by Eko Walid

Bacalah Aku

Tubuhku terdiri atas delapan miliar sel darah dan seratus triliun sel yang terbentuk menjadi dua ratus jenis sel berbeda di dalam tubuh. Setiap detik, delapan juta selku mati dan siap digantikan oleh sel-sel baru. Setiap sel mengandung inti sel yang di dalamnya tersimpan DNA sebagai blue print pembawa sifat. Berat sebuah DNA : 1/200 miliar gram. Tubuhku mengandung 60 triliun sel yang jika direntangkan, panjangnya mencapai 2 x jarak bumi-bulan. Jika seluruh DNA manusia di muka bumi ini dikumpulkan, beratnya sama dengan hanya sebiji beras. Luar biasa.

Manusia adalah sebuah Mahakarya Tuhan yang paling sempurna diantara ciptaan-Nya. Jadi, tolong jangan sia-siakan. Rawatlah dan bila ada sesuatu, bawalah ke dokter.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>
JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

login

Sign in with Facebook
Maintenance & Developed By TmT ™